Minggu, 17 April 2011

Manajemen Public Relations

Kasus I
Perusahaan Sybron Chemical Inc mengalami musibah yakni terjadi kecelakaan karena bahan kimia dan kecelakaan luka bakar 2 pekerja dari pabrik itu. Kecelakaan ini mengakibatkan 60 orang harus dievakuasi. Peristiwa ini kemudian dibarengi dengan publisitas tentang polusi yang diakibatkan perusahaan yakni brupa bau yang tidak sedap. Selain itu masalah keselamatan kerja dan kurangnya informasi tentang apa sebenarnya aktivitas perusahaan tersebut merebak dalam masyarakat. Akhirnya penduduk atau komunitas Sybron meminta agar perusahaan ini ditutup.


Tugas manager PR dari kasus 1:
Menyelesaikan satu-persatu masalah yang ada
a. Memberikan pertolongan pertama pada musibah yang terjadi dengan memberikan fasilitas berobat pada 2 orang yang terkena luka bakar. Mengevakuasi 60 orang ketempat yang lebih aman dan menyiapkan tempat kerja yang baru untuk sementara agar proses produksi tetap berjalan.
b. Menjelaskan melalui media, mengenai limbah yang dihasilkan oleh pabrik tersebut. Menerangkan cara kerja pabrik secara umum kepada masyarakat dengan dilakukannya kunjungan “studi banding “ dari masyarakat sekitar dan memberikan beberapa sampel untuk masyarakat sekitar untuk sekedar pengetahuan produk.
c. Memberikan penjelasan (duduk bersama) membicarakan apa masalah yang terjadi bila perusahaan ini tetap beroperasi. Memberikan penjelasan mengenai struktur kerja yang terjadi didalam pabrik. Dan dijelaskan jumlah karyawan yang akan terkena imbasnya bila perusahaan ini ditutup. mencari jalan tengah berupa kebijakan antara permintaan masyarakat dan perusahaan yang ingin tetap beroperasi.


Kasus II
Berbagai aksi unjuk rasa maupun kritikan pedas menolak kenaikan harga BBM terus terjadi. Mereka menolak kenaikan harga BBM karena menilai penyaluran dana kompensasi BBM terhadap sector pendidikan , kesehatan, dan sosial tidak jelas. Mereka menyatakan alasan pemerintah menaikan harga BBM dan menyubsidikan ke sector-sektor tersebut tidak tepat dan sepanjang sejarah dana kompensasi ini tidak pernah efektif dan selalu disalahgunakan atau tidak sampai kemasyarakat miskin seperti yang dijanjikan.


Tugas manager PR pada Kasus II
Memberikan keterangan yang jelas dan pasti melalui media bahwa tujuan pemerintah menaikkan harga BBM karena untuk disubsidikan ke sector pendidikan,kesehatan,dan sosial. Agar tidak disalah gunakan,masyarakat turut membantu mengawasi dana subsidi tersebut agar sampai ke sector-sector yang memang seharusnya menerima. Dengan adanya pemberitaan oleh media bahwa dana kenaikan BBM telah diterima sampai ke sector yang dituju.


Kasus III
Sebuah perusahaan mengalami penurunan jumlah produksi. Indikasi yang ada diantaranya ara karyawan tidak memperhatikan kedisiplinan kerja terutama factor waktu selain itu mereka juga cenderung tidak bersemangat dalam bekerja.

Tugas manager PR dari kasus 3
Melakukan rapat direksi dengan mengumpulkan semua kepala divisi dan mempertanyakan mengapa ada penurunan jumlah produksi. Ketika di amati lebih lanjut telah terjadi ketidakdisiplinan karyawan dalam urusan waktu. Melakukan pengawasan langsung ke bagian produksi dengan melihat semua yang terjadi dan latar belakang ketidak semangatan mereka. Dengan memanggil salah satu perwakilan dan menanyakan mengapa hal ini biasa terjadi.
Bila didasari alasan mengenai tunjangan. Maka diberikan penjelasan mengapa tunjangan atau pun gaji yang diterima sedikit, karena hasil yang diproduksi juga menurun maka harus di seimbangkan dengan hasil produksi maka peningkatan hasil produksi. Membuktikannya dengan adanya bonus bila jumlah produksi mencapai target dan diberikan kesejahteraan yang sesuai.

Kasus IV
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan seorang peneliti pada Universitas ternama di Jakarta, menemukan bahwa beberpa produk makanan yang beredar dimasyarakat dibuat dengan unsure gelatin. Dan menurut peneliti di Negara-negara maju, gelatin dibuat dengan menggunakan lemak babi. Diantara produk tersebut diantaranya adalah susu yang diproduksi perusahaan anda. Hasil penelitian dipublikasikan diberbagai media massa.

Tugas PR dari kasus IV:
Melakukan tes ulang pada produk mengenai kandungan yang digunakan. Apabila memang ditemukan unsure gelatin disalah satu produk maka yang dilakukan selanjutnya adalah menarik semua produk tersebut dari pasaran. Dan melakukan penelitian unlang dengan menghilangkan unsure gletin tersebut.
Dari produk sudah di hilangkan unsure tersebut, langkah selanjutnya membuat launch baru dari produk tersebut dari penggunaan nama baru dan meyakinkan konsumen bahwa produk baru ini memang tidak ada unsure gelatinnya. Melakukan iklan melalui media dengan bantuan dari peneliti untuk memastikan bahwa produk ini aman. Membuat sampel dengan membagikan kebeberapa orang yang berpengaruh seperti artis,dokter, dan orang-orang terkenal yang biasa menjadi trendsetter.
Membuat image baru dari produk tersebut.


Sumber:
Tugas Manajemen Public Relations, dosen Mulyati, Universitas Budi Luhur, 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar