Selasa, 12 April 2011

Komunikasi Bisnis

a. Definisi Komunikasi Bisnis

Komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis. Proses menciptakan suatu persamaan, pemahaman diantara orang-orang dalam lingkkungan bisnis. Komunikasi yang dilakukan berupa verbal dan non verbal.

b. Tujuan Utama Komunikasi Bisnis yang efektif:
- Mendapat pemahaman penuh tentang makna pesan yang diberikan kepada pihak lain, baik di dalam maupun diluar organisasi perusahaan (Receiver Understanding).
- Mendapat tanggapan, tindakan, atau persetujuan dari penerima pesan seperti yang diharapkan pemberi pesan (Receiver Response).
- Menciptaakn hubungan yang menyenangkan, berarti terdapat kepuasan kerja termasuk penjualan dan keuntungan lain (favorable Relationship).
- Menciptakan itikad baik/goodwill dari konsumen/masyarakat terhadap organisasi (organizational goodwill).

Pemahaman Proses Komunikasi
Proses komposisi penyusunan pesan bisnis dapat dianalogikasn dengan proses penciptaan lagu oleh seorang composer. Proses komposisi meliputi: Perencanaan, Komposisi, dan Revisi.
Penyusunan pesan bisnis meliputi 3 tahap, yaitu:
- Perencanaan
Audience menerima pesan, ide pokok pesan yang tersampaikan, saluran, dan media yang digunakan dalam penyampaian pesan bisnis termasuk mengatur intonasi. Dengan mensiasati suatu keadaan tertentu. Sehingga tujuan dapat tercapai.
- Komposisi
Erat kaitannya dengan penyususnan dan pengaturan kata-kata, kalimat dan paragraf. Gunakan kata-kata yang sederhana, mudah dimengerti, mudah dipahami, dan dilaksanakan oleh penerima pesan.
- Revisi
Seluruh maksud dan isi pesan harus ditelaah kembali, sudah sesuai dengan rencana atau belum. Pengecekan sekaligus revisi atau perhatikan seperlunya sehingga apa yang diinginkan dapat tercapai.

Pesan bisnis terdiri dari :
- Kepala surat : kop surat, tanggal, nomor surat, perihal, lampiran, dan alamat tujuan.
- Leher surat : salam pembuka
- Badan surat : isi surat alinea 1-3
- Kaki surat : Nama penanggung jawab, jabatan, tanda tangan, stempel, dan inisial.

sumber:
- Modul mata kuliah Komunikasi bisnis, Universitas Budi Luhur, 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar