Minggu, 20 Februari 2011

Email vs Surat pos

Surat, salah satu bentuk komunikasi dengan tertulis. Agar komunikasi berjalan lancar kecepatan tersampaikannya surat tersebut tergantung berapa lama yang dibutuhkan waktu pengirimannya. Dan sampailah pesan tersebut kepada komunikan yang dituju.
Membutuhkan waktu berhari-hari inilah yang mengakibatkan proses komunikasi berjalan lambat, dengan begitu komunikasi tidak efektif yang terjadi.
Sedangkan saat ini, ada cara alternatif membuat suart dengan kecepatan pengiriman yang hanya hitungan waktu. Email atau surat elektronik inilah yang sering digunakan karena kemudahan digunakan dan kecepatan terkirimnya, langsung ada feedback dari komunikannya.
Kecepatan ini belum ada yang menandingi untuk saat ini. Apalagi sekarang di setiap handphone mulai dilangkapinya push email, sehingga semakin mudah saja membuka surat dengan menggunakan 1 tangan.
Perlahan surat tersingkirkan, tetapi jasa ini tetap ada karena memenuhi kebutuhan pengiriman surat berupa dokumen atau barang. Yang jarang sekali ada ialah bunyi bel sepeda dari pak pos yang mengantarkan surat, karena sekarang pak pos sudah menggunakan motor dengan bunyi bel digantikan dengan klakson.
Email vs surat pos, tidak ada yang hilang hanya saya ada yang harus mengalah demi mengikuti perkembangan zaman. Surat pos harus rela di gantikan proses pengirimannya dengan email. Namun email pun sebenarnya bukan menggantikan tetapi hanya menjadi alternatif, karena surat pos tetap berjalan sampai sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar