KOMUNIKASI MASSA
PERTEMUAN KE 1
KOMUNIKASI MASSA
Bentuk komunikasi (Prof. Drs. Onang Uchjana effendi, M.A, 2007) :
1. Komunikasi persona (personal communication)
Komunikasi antar pribadi antara 2 orang yang saling bertatap muka langsung yang sifatnya lebih pribadi (mendalam)
2. Komunikasi kelompok (group communication)
Komunikasi antara 3 – 10 orang yang saling memiliki tujuan yang sama
3. Komunikasi Massa (Mass communication)
Komunikasi melalui perantara seperti koran,majalah,televisi, radio,dll,dengan jumlah orang yang tidak terbatas dengan berita yang serempak
4. Komunikasi Medio (Medio communication)
Proses komunikasi:
1. Proses secara primer
Penyampaian pikiran dan ataupun perasaan dari seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang sebagai media.
Lambang sebagi media primer dalam proses komunikasi berupa bahasa,gesture,gambar, warna dan ddapat langsung diterjemahkan dalam pikiran komunikator kepada komunikan.
2. Proses secara sekunder
Penyampaian pesan melaui perantara oleh seseorang kepada seseorang lain menggunakan alat atau media kedua setelah menggunakan media pertama.
Menggunakan media kedua,untuk melancarkan komunikasi yang berjarak ataupun untuk khalayak yang banyak.
Arti kata massa:
1. Umum
Banyak,heterogen,berkumpul dalam satu tempat,membaur,tidak saling mengenal.
Massa yang memiliki kesadaran rendah,tidak terorganisir,tidak bertindak untuk dirinya sendiri,melainkan ada dalang yang memanipulasinya.
2. Komunikasi massa
Merujuk pada penerima pesan media massa atau audience.
Mass communications (dengan s):
Perangkat teknis yang digunakan dalam proses komunikasi berupa media massa
Mass communication (tanpa s):
Proses komunikasi massa berupa teori
Mass communication (menurut pendapat ahli komunikasi)
1. ahli komunikasi
Komunikasi melalui media massa
2. ahli psikologi social/sosiologi
Komunikasi massa tidak selalu dengan media massa
Komunikasi massa berasal dari pengembangan kata “media of mass communication” (media komunikasi massa)
Media massa yang dihasilkan oleh teknologi modern
Media tradisional seperti kentongan,angklung,gamelan adalah bukan media massa
Definisi komunikasi massa
1. Ruben, 1992
Proses dimana informasi diciptakan dan disebarkan oleh organisasi untuk dikomunikasikan kepada khlayak
2. Bittner, 1980
Pesan – pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah orang
3. De Fluer dan Denis, 1985
Suatu proses dalam mana komunikator – komunikator menggunakan media untuk menyebarkan pesan – pesan secara luas dan terus menerus menciptakan makna- makna yang diharapkan dapt mempengaruhi khalayak yang besar dan berbeda-beda dengan melalui bebrbagai cara.
4. Jalaluddin rakhmat
Jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khlayak yang tersebar,heterogen dan anonym, melalui media cetak ataupun elektronik sehingga pesan yang sama dapat diterima diterima secara serempak dan sesaat.
PERTEMUAN KE 2
KARAKTERISTIK KOMUNIKASI MASSA
Jenis komunikasi yang menggunakan alat seperti majalah,radio,koran,televisi,film dan media online
KOMUNIKASI MASSA = KOMUNIKASI MEDIA MASSA
Menurut Elizabeth – Noelle Neuman yang membedakan dengan komunikasi interpersonal
1. bersifat tidak langsung,harus ada media teknis
2. bersifat satu arah,tidak ada interaksi antarpeserta komunikasi
3. bersifat terbuka, ditujukan kepada public yang menyeluruh tidak terbatas dan anonym
4. memiliki unsure geografis yang tersebar
Karakteristik komunikasi massa
1. komunikator terlembagakan
2. pesan bersifat umum
3. anonym dan heterogen
4. serempak
5. mengutamakan isi dari pada hubungan
6. satu arah
7. stimulasi alat indera terbatas
8. delay (tertunda)
Komunikator terlembagakan
1. professional
2. bukan individu
3. bagian dari organisasi yang kompleks
Sumber utama media massa
1. lembaga/organisasi
Perusahaan surat kabar,stasiun radio,stasiun televise,studio film,penerbit majalah
2. orang bekerja dengan fasillitas lembaga atau organisasi (institutionalized person)
Orang seperti redaktur surat kabar yang melalui tajuk rencana menyatakan pendapatnya melalui fasilitas lembaga
THE OWNER
Pemillik organisasi sangat berkuasa
Pemilik ini sangat mempengaruhi jutaan pembaca surat kabar,pendengar radio,pemirsa televise,penonton film atau pengguna internet
PERTEMUAN KE 3 TANGGAL 29 MEI 2010
Fungsi komunikasi menurut Laswell:
1. Surveillance = informasi
- Warning = peringatan ekstrem,bencana,tsunami
- Instrument = peristiwa yang terjadi tentang kenutuhan masyarakat ( demo,lalu lintas, perkiraan cuaca) bukan ttg bencana
2. Correlation = pendapat para ahli,tokoh pemuka masyarakat dalam tanggapan mengenai keterkaiatan peristiwa
3. Transmission = sosialisasi ( sosbud,sejarah,pendidikan) transfer knowledge
4. Entertainment = komunikasi massa dipercaya member pemenuhan hiburan bagi para konsumen dg di control oleh para produsen. (infotainment)
Contoh kasus:
- Kasus susno duaji
Termasuk kategori “correlation”, karena pada kasus tersebut banyak pihak-pihak yang berkomentar seperti para pengacaranya,dari pihak kepolisian, dan dari para pengamat tentang kasus ini.
- Launching film “ketika cinta bertasbih”
Termasuk kategori “entertainment dan transmission”,karena dalam film tersebut bertema tentang percintaan dengan tujuan menghibur dan dalam setting film tersebut diberi pengetahuan tentang cara kehidupan warga mesir terlihat dari setting tempat untuk syuting tersebut.
- Berita tentang jatuhnya pesawat adam air
Termasuk “surveillance = warning”,karena dalam berita tersebut diterangkan mengenai latar belakang terjadinya hingga pesawat jatuh dan banyaknya korban jiwa.
Fungsi aktivitas social (Robert K. Norton)
1. Fungsi nyata (manifest function)
- Fungsi nyata yang diinginkan
2. Fungsi tidak nyata / tersembunyi (disfungsional)
- Laten
Proses komunikasi menurut Mc Quail:
1. Distilasi dan penerimaan skala besar
2. Secara satu arah
3. Asimetris
4. Imperasional
5. Hubungan masyarkat dari masyarakat
haii.. saya merupakan seorang pelajar tahun 1 di universiti malaysia sabha, malaysia yang mengambil ijazah dalam bidang komunikasi. adakah saudari merupakan pelajar bidang komunikasi?? jika saya perhatikan blog saudari banyak menyentuh tentang komunikasi. saya amat tertarik dan banyak input yang boleh saya terima daripada blog saudari kerana ada sesetengahnya termasuk dalam silibus pembelajaran kami. jika saudari ada kelapangan silalah berkunjung ke blog yang baru kami bina untuk menyiapkan kerja tutorial yang diberikan pensyarah. saya juga berharap dapat terus berkomunikasi dengan saudari untuk menimba lebih banyak ilmu dalam bidang komunikasi. sekian terima kasih :) alamt blog kami.. fr3dp3rry.blogspot.com
BalasHapus