Rabu, 14 Juli 2010

Komunikasi Massa

KOMUNIKASI MASSA

PERTEMUAN KE 1

KOMUNIKASI MASSA

Bentuk komunikasi (Prof. Drs. Onang Uchjana effendi, M.A, 2007) :

1. Komunikasi persona (personal communication)

Komunikasi antar pribadi antara 2 orang yang saling bertatap muka langsung yang sifatnya lebih pribadi (mendalam)

2. Komunikasi kelompok (group communication)

Komunikasi antara 3 – 10 orang yang saling memiliki tujuan yang sama

3. Komunikasi Massa (Mass communication)

Komunikasi melalui perantara seperti koran,majalah,televisi, radio,dll,dengan jumlah orang yang tidak terbatas dengan berita yang serempak

4. Komunikasi Medio (Medio communication)

Proses komunikasi:

1. Proses secara primer

Penyampaian pikiran dan ataupun perasaan dari seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang sebagai media.

Lambang sebagi media primer dalam proses komunikasi berupa bahasa,gesture,gambar, warna dan ddapat langsung diterjemahkan dalam pikiran komunikator kepada komunikan.

2. Proses secara sekunder

Penyampaian pesan melaui perantara oleh seseorang kepada seseorang lain menggunakan alat atau media kedua setelah menggunakan media pertama.

Menggunakan media kedua,untuk melancarkan komunikasi yang berjarak ataupun untuk khalayak yang banyak.

Arti kata massa:

1. Umum

Banyak,heterogen,berkumpul dalam satu tempat,membaur,tidak saling mengenal.

Massa yang memiliki kesadaran rendah,tidak terorganisir,tidak bertindak untuk dirinya sendiri,melainkan ada dalang yang memanipulasinya.

2. Komunikasi massa

Merujuk pada penerima pesan media massa atau audience.

Mass communications (dengan s):

Perangkat teknis yang digunakan dalam proses komunikasi berupa media massa

Mass communication (tanpa s):

Proses komunikasi massa berupa teori

Mass communication (menurut pendapat ahli komunikasi)

1. ahli komunikasi

Komunikasi melalui media massa

2. ahli psikologi social/sosiologi

Komunikasi massa tidak selalu dengan media massa

Komunikasi massa berasal dari pengembangan kata “media of mass communication” (media komunikasi massa)

Media massa yang dihasilkan oleh teknologi modern

Media tradisional seperti kentongan,angklung,gamelan adalah bukan media massa

Definisi komunikasi massa

1. Ruben, 1992

Proses dimana informasi diciptakan dan disebarkan oleh organisasi untuk dikomunikasikan kepada khlayak

2. Bittner, 1980

Pesan – pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah orang

3. De Fluer dan Denis, 1985

Suatu proses dalam mana komunikator – komunikator menggunakan media untuk menyebarkan pesan – pesan secara luas dan terus menerus menciptakan makna- makna yang diharapkan dapt mempengaruhi khalayak yang besar dan berbeda-beda dengan melalui bebrbagai cara.

4. Jalaluddin rakhmat

Jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khlayak yang tersebar,heterogen dan anonym, melalui media cetak ataupun elektronik sehingga pesan yang sama dapat diterima diterima secara serempak dan sesaat.

PERTEMUAN KE 2

KARAKTERISTIK KOMUNIKASI MASSA

Jenis komunikasi yang menggunakan alat seperti majalah,radio,koran,televisi,film dan media online

KOMUNIKASI MASSA = KOMUNIKASI MEDIA MASSA

Menurut Elizabeth – Noelle Neuman yang membedakan dengan komunikasi interpersonal

1. bersifat tidak langsung,harus ada media teknis

2. bersifat satu arah,tidak ada interaksi antarpeserta komunikasi

3. bersifat terbuka, ditujukan kepada public yang menyeluruh tidak terbatas dan anonym

4. memiliki unsure geografis yang tersebar

Karakteristik komunikasi massa

1. komunikator terlembagakan

2. pesan bersifat umum

3. anonym dan heterogen

4. serempak

5. mengutamakan isi dari pada hubungan

6. satu arah

7. stimulasi alat indera terbatas

8. delay (tertunda)

Komunikator terlembagakan

1. professional

2. bukan individu

3. bagian dari organisasi yang kompleks

Sumber utama media massa

1. lembaga/organisasi

Perusahaan surat kabar,stasiun radio,stasiun televise,studio film,penerbit majalah

2. orang bekerja dengan fasillitas lembaga atau organisasi (institutionalized person)

Orang seperti redaktur surat kabar yang melalui tajuk rencana menyatakan pendapatnya melalui fasilitas lembaga

THE OWNER

Pemillik organisasi sangat berkuasa

Pemilik ini sangat mempengaruhi jutaan pembaca surat kabar,pendengar radio,pemirsa televise,penonton film atau pengguna internet

PERTEMUAN KE 3 TANGGAL 29 MEI 2010

Fungsi komunikasi menurut Laswell:

1. Surveillance = informasi

- Warning = peringatan ekstrem,bencana,tsunami

- Instrument = peristiwa yang terjadi tentang kenutuhan masyarakat ( demo,lalu lintas, perkiraan cuaca) bukan ttg bencana

2. Correlation = pendapat para ahli,tokoh pemuka masyarakat dalam tanggapan mengenai keterkaiatan peristiwa

3. Transmission = sosialisasi ( sosbud,sejarah,pendidikan) transfer knowledge

4. Entertainment = komunikasi massa dipercaya member pemenuhan hiburan bagi para konsumen dg di control oleh para produsen. (infotainment)

Contoh kasus:

- Kasus susno duaji

Termasuk kategori “correlation”, karena pada kasus tersebut banyak pihak-pihak yang berkomentar seperti para pengacaranya,dari pihak kepolisian, dan dari para pengamat tentang kasus ini.

- Launching film “ketika cinta bertasbih”

Termasuk kategori “entertainment dan transmission”,karena dalam film tersebut bertema tentang percintaan dengan tujuan menghibur dan dalam setting film tersebut diberi pengetahuan tentang cara kehidupan warga mesir terlihat dari setting tempat untuk syuting tersebut.

- Berita tentang jatuhnya pesawat adam air

Termasuk “surveillance = warning”,karena dalam berita tersebut diterangkan mengenai latar belakang terjadinya hingga pesawat jatuh dan banyaknya korban jiwa.

Fungsi aktivitas social (Robert K. Norton)

1. Fungsi nyata (manifest function)

- Fungsi nyata yang diinginkan

2. Fungsi tidak nyata / tersembunyi (disfungsional)

- Laten

Proses komunikasi menurut Mc Quail:

1. Distilasi dan penerimaan skala besar

2. Secara satu arah

3. Asimetris

4. Imperasional

5. Hubungan masyarkat dari masyarakat

1 komentar:

  1. haii.. saya merupakan seorang pelajar tahun 1 di universiti malaysia sabha, malaysia yang mengambil ijazah dalam bidang komunikasi. adakah saudari merupakan pelajar bidang komunikasi?? jika saya perhatikan blog saudari banyak menyentuh tentang komunikasi. saya amat tertarik dan banyak input yang boleh saya terima daripada blog saudari kerana ada sesetengahnya termasuk dalam silibus pembelajaran kami. jika saudari ada kelapangan silalah berkunjung ke blog yang baru kami bina untuk menyiapkan kerja tutorial yang diberikan pensyarah. saya juga berharap dapat terus berkomunikasi dengan saudari untuk menimba lebih banyak ilmu dalam bidang komunikasi. sekian terima kasih :) alamt blog kami.. fr3dp3rry.blogspot.com

    BalasHapus